Pelepasan Jema'ah Haji KBIH Miftahul Huda


Miftahul-Huda, Senin (14/08), tepatnya selepas sholat isya seluruh calon jemaah haji KBIH Miftahul Huda memasuki Masjid besar Miftahul Huda untuk mengikuti acara pelepasan calon jemaah haji KBIH Miftahul Huda.

Acara ini dipimpin oleh Ibu Hj. Daliah Mutiara Affandy. Diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an yang dilantunkan oleh Kh. Ahmad Syafi’i dan sambutan dari KH. Abdul Aziz Affandy selaku ketua KBIH Miftahul Huda. Acara ini dihadiri oleh pimpinan umum KH. Asep Ahmad Maoshul Affandy, dewan pimpinan KH. Abdul Aziz Affandy dan seluruh dewan kiyai serta seluruh para santri. 

Dalam sambutannya KH. Abdul Aziz menyampaikan bahwa ibadah haji itu merupakan kewajiban yang harus dikerjakan bukan menjadi pikiran. “Ibadah haji merupakan kewajiban yang harus dikerjakan bukan menjadi pikiran, kita jangan lagi memikirkan kecantikan atau ketampanan, tetapi jika kita telah berada di tanah suci tetap harus dikerjakan baik dalam thowaf, sa’i dan rukun haji yang lainnya.” Ujar beliau.

Untuk tahun sekarang calon jemaah haji KBIH Miftahul Huda ± 114 orang dan 9 diantaranya dari keluarga Pondok Pesantren Miftahul Huda diantara KH. Nurkholis Ahyad, KH. Maki Mujahid, KM. Ujang Surahman, KM. Rijarul Haq, KM. Kafi, KM. Tatang haromaen, Hj. Ayi Siti Sayyidah, Ustdz. Nida Riyadlotul Huda, Ustdz. Utami Makarima. Dan untuk pembimbing KBIH yaitu KH. Nurkholis Ahyad.

Sebelum calon jemaah haji berangkat untuk menuju cipasung, calon jemaah haji mendo’akan dan di do’akan oleh seluruh santri Miftahul Huda yang dipimpin langsung oleh Ibu Hj. Daliah Mutiara Affandy, sedangkan untuk do’a pelepasan dipimpin oleh KH. Jaja Abdul Jabbar.

Galeri photo kegiatan Pelepasan Calon Jemaah Haji KBIH Miftahul Huda: